Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas

Gunung Merapi di pulau Jawa di Indonesia memuntahkan abu debris vulkanik ke lerengnya pada hari Rabu, 27 Januari 2021.

Aliran piroklastik – campuran fragmen batuan, gas, dan abu yang sangat panas dan bergerak cepat- keluar dari gunung berapi itu selama empat jam di pagi hari. Demikian menurut Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Bencana Geologi, yang memantau gunung berapi tersebut.

Tidak ada laporan korban dan tingkat kewaspadaan tetap pada tingkat tertinggi kedua.

Erupsi ini adalah aliran terbesar Gunung Merapi sejak pihak berwenang menaikkan tingkat bahayanya pada November lalu, kata Hanik Humaida, kepala Pusat Mitigasi Bencana Vulkanologi dan Geologi Yogyakarta.

Pihak berwenang pada bulan November telah mengevakuasi hampir 2.000 orang yang tinggal di gunung di Kabupaten Magelang dan Sleman di Pulau Jawa, tetapi sebagian besar telah kembali. Belum ada evakuasi baru.

Peringatan dipertahankan di tingkat tertinggi kedua dan pihak berwenang mengatakan kepada penduduk untuk menghindari zona bahaya sejauh 5 kilometer di sekitar kawah karena pemerintah daerah di Jawa Tengah dan Provinsi Yogyakarta memantau situasi dengan cermat.

Gunung berapi 2.968 meter (9.737 kaki) berada di pulau padat penduduk Jawa dan dekat kota kuno Yogyakarta. Gunung ini adalah gunung yang paling aktif dari puluhan gunung api di Indonesia dan telah berulang kali meletus dengan lava dan gas panas belakangan ini.

Letusan besar terakhir Merapi tahun 2010 menewaskan 347 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *